• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Kompetensi Lulusan Keuangan Perbankan (D-3)

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 30 Juli 2015
  1. Tujuan dan Sasaran Program Studi  serta  Strategi Pencapaian
  1. Tujuan Program Studi (Program Outcomes) :
  1. Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi front liner di bidang keuangan dan perbankan yang diakui secara global.
  2. Menghasilkan lulusan yang  memiliki jiwa entrepreneurship dan  berkarakter.
  3. Menghasilkan penelitian   yang relevan dibidang keuangan dan perbankan yang dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu keuangan dan perbankan.
  4. Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat yang berdampak meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  1. Sasaran yang hendak dicapai oleh program pendidikan adalah menghasilkan lulusan yang :
  1. Menghasilkan lulusan dengan masa studi  tepat waktu  selama 3 tahun dan IPK rata-rata  ≥  3
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan pencapaian nilai minimal TOEIC 605
  3. Mempertahankan masa tunggu lulusan paling lama 6 bulan
  1. Strategi Pencapaian

Untuk mencapai tujuan dan sasaran tersebut maka strategi pencapaiannya adalah sebagai berikut :

  1. Untuk pencapaian sasaran dilakukan perencanaan dalam bentuk penyusunan program kerja beserta alokasi anggaran setiap tahun.
  2. Dalam rangka menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai bidang, PS menerapkan Kurikulum yang sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan menggunakan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). RPS merupakan pedoman bagi dosen dalam menjalankan proses pembelajaran untuk setiap mata kuliah, dengan RPS maka kompetensi dapat tercapai. Mahasiswa akan mendapatkan proses pembelajaran yang sama untuk setiap mata kuliah walaupun dengan pengajar yang berbeda.
  3. Partisipasi mahasiswa dalam proses pembelajaran sangat diharapkan PS. Penggunaan metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL) merupakan sarana yang tepat dalam meng-elaborasi kemampuan mahasiswa dan mendidik untuk berperilaku profesional.
  4. Penggunaan text book asing merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan pasar dan kompetensi global. Materi-materi text book asing diharapkan memberi pemahaman yang mendalam dengan contoh kasus bersifat global. Hal terpenting lainnya adalah kemampuan bahasa Inggris mahasiswa  diharapkan meningkat.
  5. Cara lain untuk meningkatkan kompetensi adalah memberikan assistensi untuk mata kuliah tertentu. Assistensi yang diberikan adalah dalam bentuk pengerjaan kasus/soal dengan dibimbing oleh asisten dosen dan setiap kelas berisi antara 20-30 mahasiswa.
  6. Kondisi lingkungan yang cepat berubah menyebabkan PS mengundang pakar/praktisi secara periodik untuk memberikan ceramah dan diskusi untuk mahasiswa dengan topik yang menarik.
  7. Untuk menghasilkan lulusan tepat waktu, PS telah membuat Manual Prosedur Tugas Akhir dan ketentuan akademik lainnya.
  8. Kemajuan teknologi telah menyebabkan mahasiswa memahami dan melaksanakan praktek perbankan. PS telah memiliki fasilitas simulasi bank mini yang didukung software untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan transaksi perbankan secara computerized.
  9. Kerjasama dengan Pusat Bahasa dan Bimbingan Karir (Pusbabimkar) untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, melalui kursus dan ujian TOEIC.
  10. Kurikulum PS telah mengakomodir mata kuliah Kewirausahaan dalam rangka mengembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa.
Agenda
Pengumuman
Berita